Select Page

Selasa, 7 September 2021

k

Prompt #13

Selamat pagi Ayah Bunda,

Bagaimana Ayah Bunda melatih kemandirian pada anak dalam dua hari ini?

Perjalanan Menulis Jurnal

Day(s)

:

Hour(s)

:

Minute(s)

:

Second(s)

Sebelum wabah covid 19, cucu saya selalu bersemangat saat berangkat ke sekolah. “Abang berangkat sekolah naik sepeda aja. Bunda nggak usah anterin Abang. Kan Abang udah gede,” kata Abang atau Athar, cucu pertama saya.

Bunda Athar mengizinkan dengan syarat Bunda mengikuti dari belakang dengan motor bersama Ade (2 tahun). Sekolah Abang di dalam kompleks perumahan, tapi tetap saja harus dalam pengawasan saat Abang berangkat sekolah.

Abang bersekolah di TK A, ia berusia lima tahun. Saya bangga karena ia tumbuh menjadi anak yang mandiri. Ayah dan bundanya memberi kesempatan kepada Abang untuk mencoba dan melakukan apa-apa sendiri secara bertahap.

Beberapa waktu lalu saya mendapat laporan dari bundanya bahwa Abang sudah bisa mengancingkan baju seragamnya. Duh terharu saya karena Abang bertambah pintar.

Pastilah saya selalu rindu kepada Abang dan Ade. Kedatangannya selalu saya nantikan. “Nenek masak apa?” adalah pertanyaan yang membuat saya bersemangat menyiapkan ayam kecap dan oseng tauge seperti kedatangan seorang raja.

Raja kecil yang santun ini juga selalu membuat saya terkaget-kaget. Pada jam makan, ia mengatakan, “Abang aja yang ambil piringnya ya, Nek?”

Alhamdulillah, Abang tumbuh mandiri dan santun, seperti anak-anak di Kelompok Bermain Tetum Bunaya yang saya bimbing.

Bagaimana Ayah Bunda? Yuk berbagi cerita….

Salam

Asenih Arsyad