Select Page

Jumat, 3 September 2021

k

Prompt #9

Ayah Bunda, bagaimana menu yang dihadirkan di rumah dalam dua hari ini.

Perjalanan Menulis Jurnal

Day(s)

:

Hour(s)

:

Minute(s)

:

Second(s)

Sebagai seorang pengajar di sekolah Tetum Bunaya saya merasa bersyukur diberi kesempatan untuk mendampingi Adik-Adik dalam melewati masa pertumbuhan. Misalnya, dalam hal asupan makanan. Sebelum masa pandemi covid 19 Saya selalu menemani Adik-Adik makan. Di sekolah ada Program Makan Bersama untuk memperkenalkan Adik-Adik pada berbagai macam makanan. Menu yang disajikan di sekolah beragam dan disesuaikan dengan gizi yang dibutuhkan Adik-Adik.

Dalam kegiatan makan bersama biasanya saya menginformasikan kepada Adik-Adik tentang menu yang disajikan sesuai jadwalnya. Kegiatan makan bersama ini merupakan salah satu cara untuk melatih kemandirian dan rasa tanggung jawab, serta melatih Adik-Adik untuk selalu bersyukur dengan menu makanan yang telah disajikan di sekolah.

Saat kegiatan makan biasanya ada komentar dari Adik-Adik. “Kak, Aku ga suka sayur, Aku mau kuahnya aja”, “Kak, Aku mau nasi aja”, “Kak, Aku tidak suka Ayam.” Itulah ungkapan dari beberapa Adik saat mengambil makanan.

“Sayur itu enak loh… Ayam juga enak. Coba dulu ya.” Saya berusaha untuk memberikan motivasi kepada Adik-Adik untuk mau mencoba makan sayur dan semua jenis makanan. Saya pun ikut makan dan memperlihatkan di depan Adik-Adik bahwa Kakak juga makan sayur dan semua jenis makanan yang tersedia. Ada juga beberapa Adik yang suka sayur dan mau mencoba semua jenis makanan. “Kak, lihat.. Aku makan sayur,” ungkap salah satu Adik. Saya mengacungkan jempol kepada Adik tersebut sambil mengucapkan “Wah.. Hebat.” Biasanya saya jadikan Adik tersebut sebagai contoh untuk memotivasi Adik-Adik yang lainnya.

Itulah pengalaman saya saat mengenalkan berbagai macam menu makanan.

Bagaimana cerita Ayah Bunda di rumah?

Selamat menulis Ayah Bunda

Salam

Sri Ratna Sugiarti